Mengenal Tasawuf: Spiritualisme dalam Islam

Juli 2, 2019 2:26 pm
15%

Rp49,000 Rp41,650

Penulis : Haidar Bagir
Penerbit : Noura Books
ISBN : 9786023859375
Ketebalan : 200 halaman
Ukuran : 135 mm x 205 mm
Sampul : Soft cover

Sinopsis

Sekurangnya selama dua dekade–di negeri-negeri maju bahkan sejak setengah abad–yang lalu, kita menyaksikan kembalinya spiritualisme atau mistisisme ke dalam kehidupan manusia modern. Demikian pula halnya dengan spiritualisme Islam, yakni tasawuf. Keberhasilan peradaban modern dalam memenuhi tuntutan kemakmuran hidup ternyata justru menggarisbawahi dahaga orang pada spiritualisme.

Tapi, kenyataan ini tak lantas menghapus kesan di benak banyak orang bahwa tasawuf terkait erat dengan irasionalitas, klenik, bid’ah (mengada-adakan–dan mempersulit–hal-hal yang tak ada dalam sistem kepercayaan Islam), bahkan syirik.

Harus diakui bahwa tuduhan-tuduhan itu, meskipun terkadang berlebihan dan bersifat pukul rata, bukannya sama sekali tak punya alasan. Maka, buku kecil ini memiliki fungsi ganda. Pertama, memaparkan tasawuf secara proporsional, ringkas, populer, dan mudah dipahami, tetapi sedapat mungkin juga cukup komprehensif dan tidak dangkal. Kedua, mempromosikan sejenis tasawuf positif–sebagai lawan tasawuf negatif atau eksesif–yang sejalan dengan prinsip tauhid, akhlak Islam, rasionalitas, sikap proporsional terhadap kehidupan duniawi, dan juga penghargaan terhadap sains. Meskipun ringkas dan populer, pembaca akan mendapati pandangan-pandangan segar yang tak segera bisa didapat dari buku-buku sejenis yang lebih berat.

Dengan membaca buku ini, Anda diharapkan dapat mengetahui:

* Makna tasawuf
* Manfaat bertasawuf
* Sejarah aliran-aliran tasawuf
* Konsep-konsep kunci tasawuf, khususnya zuhud
* Perbedaan tasawuf positif dan tasawuf negatif atau eksesif
* Tasawuf dan rasionalitas.

Sebuah buku yang mencerahkan tentang soal penting dan pelik dengan gaya penyampaian yang simpel dan mengalir.