Peluang & Tantangan Perbankan

Februari 13, 2018 2:36 pm
20%

Rp108,000 Rp86,400

Penulis : Krisna Wijaya
Penerbit : Infoarta Pratama (Huta)
ISBN : 978-979-8338-11-3
Ketebalan : 166 halaman
Ukuran : 14 X 20.5 cm
Sampul : Soft cover

Sinopsis :

Menggunakan pendekatan statistik untuk peramalan tentunya tidak salah, misalnya apakah pada 2018 akan terjadi krisis? Bagaimanapun, alat statistik sudah terbukti mampu mengolah dan membuat perkiraan-perkiraan yang valid dan akurat.

Hanya, sekedar mengingatkan, krisis perbankan 1998 bisa dijadikan salah satu contoh ketidaktepatan penggunaan pendekatan linear. Masalahnya bukan karena kesalahan alat, metode, maupun data statistiknya. Persoalannya justru karena kita tidak terbiasa melepaskan diri dari cara berpikir yang linear.

Kebiasaan berpikir secara linear dalam situasi krisis kerap mengecoh. Mungkin benar bahwa kajian daya tahan perbankan melalui street test, misalnya, tetap menunjukkan optimisme. Namun, kalau simulasi street test juga menggunakan pendekatan linear dikhawatirkan kita akan terkecoh. Jadi, harus ada kemauan untuk thinking out of the box dengan melakukan berbagai simulasi dengan menggunakan data-data yang tidak linear.

Bagaimana perkembangan perbankan nasional ke depan? Sulit ditebak. Perbankan, termasuk industri keuangan yang lain, akan berkembang mengikuti dinamika yang terjadi, baik ekonomi maupun politik.