Branchless Banking

Juli 8, 2017 1:32 pm
20%

Rp80,000 Rp64,000

Penulis : I.G.N. Alit Asmara Jaya
Penerbit : Expose
ISBN : 9786027829411
Terbit : Maret 2017
Ketebalan : 396 halaman
Ukuran : 15 x 22 cm
Sampul : Soft cover

Sinopsis:

Pada era digital ini, pergi ke warung, toko, dan sejenisnya tidak hanya untuk berbelanja, tetapi juga dapat menabung, meminjam uang, dan bertransaksi lainnya. Dengan branchless banking atau bank tanpa kantor, hal tersebut bisa terwujud.

 

Di Indonesia, layanan branchless banking dalam rangka meningkatkan akses bagi masyarakat bawah yang belum berbank mulai ramai dibicarakan di kalangan industri, regulator, dan praktisi. Layanan branchless banking merupakan model layanan perbankan yang menggunakan teknologi ponsel dengan menggandeng pihak lain sebagai agen untuk melayani transaksi. Suatu inovasi yang bersifat disruptive, yang mampu mengubah cara masyarakat dalam bertransaksi perbankan dan menciptakan pasar baru. Terbukti implementasinya di berbagai negara berkembang mampu meningkatkan akses ke layanan keuangan formal.

Sebagai pelopor dan praktisi awal branchless banking di Indonesia, penulis mengupas seluk-beluk layanan branchless banking, mulai dari konsep, manfaat, agen, manajemen risiko, regulasi, dan pengembangannya. Buku ini juga menyajikan kunci-kunci keberhasilan implementasi branchless banking dan beberapa pembelajaran dari luar negeri, serta tantangan ke depan yang harus dihadapi. Inilah buku tentang branchless banking yang lengkap, praktis, dan inovatif.

 

Buku ini layak dibaca agar masyarakat tahu produk lembaga keuangan beserta piranti pendukungnya yang dapat mereka manfaatkan secara optimal, dan lembaga keuangan bisa terus berinovasi agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

–Prof. Dr. Drs. Made Kembar Sri Budhi, M.P. Ketua Prodi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Udayana Bali